SITAS Desa

Pada 2003, beberapa aktifis yang memiliki latar belakang sosial dan keahlian beragam membentuk Sitas Desa untuk mendorong perubahan dengan isu utama adalah keadilan sumber daya alam, reforma agraria dan pendidikan. Solidaritas Masyarakat Desa atau Sitas Desa berkegiatan dengan menyelenggarakan pendidikan dan pengorganisasian, agar para petani dapat membangun dengan memperhatikan keberlangsungan lingkungan dan kearifan lokal. Dalam 10 tahun terakhir, Sitas Desa bersama dengan Paguyuban Petani Aryo Blitar (PPAB) berperan penting dalam mendorong dilakukan upaya penataan kehidupan masyarakat petani di Lereng Kelud maupun di daerah Blitar Selatan.

Pada 2013, SITAS Desa memfasilitasi kelompok tani di Desa Kulonbambang turut mendirikan koperasi kredit atau credit union (CU). Ada 200 orang, atau seperempat anggota kelompok tani yang menjadi anggota CU, dengan modal usaha mencapai Rp 250 juta. CU ini memiliki produk tabungan pendidikan, deposito, pinjaman umum dan musiman. Biasanya, setiap musim tanam petani membutuhkan modal sekitar Rp. 2.8 milyar yang dipenuhi dari rentenir. Dengan CU, petani terus memiliki ketersediaan modal sehingga lebih berdaulat di tanah mereka sendiri. CU ini juga memiliki dana urunan yang diperuntukan bagi anggota yang terkena musibah. Saat ini, jumlah anggota CU sudah mencapai 800 orang dengan total aset senilai 3.5 milyar rupiah. Pada 2016, CU berkolaborasi dengan perkumpulan Credit Union Gerakan Konsepsi Filosopi Petani di Kalimantan Barat untuk memperkuat jaringan kerjasama antar lembaga-lembaga keuangan yang memiliki visi yang sama.

Saat ini, SITAS Desa juga memfasilitasi berdirinya koperasi produksi kopi di Desa Banaran, Kecamatan Doko, dengan merk Fine Robusta Doko.

 

 

 

 

Services:  Training; Coaching
Topics: Credit Union; Hak petani; Akses bantuan dari pemerintah (Bumdes, Dana Desa); Pengelolaan
Commodity: –
Consultants: Farhan Mahfuzi