Terasmitra menyediakan program layanan yang bisa menyesuaikan dengan ritme dan kebutuhan usaha berbasis komunitas, mulai dari Latih – yaitu program pelatihan singkat, Dampingi – program coaching yang bersifat lebih intensif dan berdurasi lebih lama, serta Sebarkan – program knowledge management untuk merekam dan menyebarkan pengetahuan dengan baik dan efektif.

Latih

Terasmitra meramu berbagai materi untuk membantu terlaksananya pengembangan usaha yang berkelanjutan, dan juga memastikan agar usaha tersebut bernilai adil bagi komunitas serta alam sekitarnya. Program pelatihan Terasmitra dirancang untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi dari para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis, maupun hal-hal pendukungnya. Metode pelatihan bersifat interaktif dan praktis, untuk memastikan keterlibatan penuh dari para peserta dengan materi yang diajarkan. Pelatihan ini bersifat jangka pendek, yaitu sekitar 1 sampai 2 hari.

Pelatihan Terasmitra akan berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait yang berpengalaman untuk menjamin kualitas dari setiap pelatihan, dan juga untuk pengayaan materi untuk meningkatkan kapasitas para pelaku usaha.

Dampingi

Pengembangan usaha adalah proses yang memerlukan waktu dan konsisten dalam pelaksanaannya. Proses ini perlu diawali dengan identifikasi masalah yang jelas, penentuan sumber daya, serta penyusunan strategi yang kuat namun adaptif agar pelaksanaan kegiatan bisa lebih efektif, namun juga realistis. Program coaching Terasmitra dirancang khusus untuk diterapkan pada usaha berbasis komunitas dalam jangka waktu panjang, antara 3 sampai 6 bulan. Program ini akan memastikan bahwa proses coaching bersifat fleksibel dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Program ini juga akan menggali lebih lanjut mengenai pembentukan nilai unik dari setiap komoditas yang akan dikembangkan, terutama menggali lebih dalam bagaimana produk ini bisa bermanfaat bagi komunitas dan selaras dengan alam. Metode yang digunakan meliputi pertemuan dan kunjungan langsung, serta

koordinasi berkala melalui telepon dan media online.

Sebarkan

Banyak cerita dan pengetahuan yang dimiliki oleh komunitas-komunitas dalam menjalankan usahanya. Pengetahuan ini bisa dikelola, baik untuk pembelajaran bagi komunitas lain, juga untuk memastikan tercatatnya cerita dan pengetahuan yang dialami oleh komunitas pelaku agar pembelajaran yang berharga bisa tersimpan dengan baik. Pengetahuan ini perlu dikelola, tidak hanya setelah program usai, tapi juga pada saat pelaksanaan kegiatan dengan memetik cerita dan pembelajaran yang menarik.

Terasmitra bisa membantu proses ini dengan cara menggali, mendokumentasikan, serta mengemas cerita dan pengetahuan dalam berbagai bentuk dan media seperti komik, film, maupun modul-modul pelatihan. Terasmitra juga akan memastikan agar cerita dan pengetahuan ini terus bergulir melalui berbagai strategi penyebaran seperti pertemuan kampung, pelatihan dan pendampingan, media sosial, dan pameran di tingkat nasional maupun internasional.