Siapa Kami

Terasmitra bermula dari kumpulan mitra-mitra penerima manfaat dari Global Environment Facility Small Grants Programme (GEF SGP) Indonesia, sebuah program dana hibah kecil yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan hidup dan mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. Program ini sudah berjalan di Indonesia sejak tahun 1992. Terasmitra berdiri sejak, 11 Januari 2011.

Visi Terasmitra adalah menjadi platform layanan yang memberikan dukungan efektif untuk menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan sosial komunitas demi kesejahteraan warga dan keselamatan lingkungan yang berkelanjutan. Misi Terasmitra yakni:

  1. Melakukan upaya-upaya untuk menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha sosial berbasis ekologi dan jaringan pendukungnya
  2. Membangun kemandirian organisasi melalui penguatan konstituen, usaha-usaha sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain.
  3. Mengelola pengetahuan sebagai basis untuk meningkatkan kapasitas para pihak yang berjejaring dan kalangan yang lebih luas.

Para anggota Terasmitra  percaya, dengan terus memberikan layanan pengembangan kapasitas bagi usaha mikro dan kecil berbasis komunitas  yang memanfaatkan sumberdaya lokal, akan berkontribusi pada kesejahteraan hidup dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Anggota aktif kami mencapai lebih dari 60 lembaga dan kelompok masyarakat, dan bekerja dengan lebih dari 100 komunitas (59 lembaga 75 komunitas dan 14 provinsi) di berbagai penjuru Indonesia termasuk Sumatera Utara, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Bali, NTB, NTT, Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Selain itu, kami juga memiliki jaringan eksternal yang luas, baik dengan individu maupun organisasi yang bergerak di berbagai bidang terkait dengan pengembangan usaha, yaitu pengembangan produk, akses ke modal dan pasar, pengelolaan merk, pengelolaan organisasi, monitoring evaluasi, pengelolaan pengetahuan, dan sebagainya.

Dengan pengalaman langsung dan jejaring kami yang luas, Terasmitra memberikan layanan strategis untuk mengembangkan usaha kecil berbasis komunitas yang berdampak baik dan bisa membuat masyarakat hidup sejahtera. Karena kami percaya bahwa #kecilbisabesar

Create

Menciptakan layanan dan materi program pengembangan kapasitas yang inovatif untuk usaha berbasis komunitas. Materi kami meliputi berbagai perspektif dari pengembangan usaha, yaitu: pengembangan produk, akses ke modal dan pasar, pengelolaan merk, pengelolaan organisasi, monitoring evaluasi, pengelolaan pengetahuan, dan sebagainya.

Connect

Terhubung dan membangun jejaring dengan antar mitra, juga dengan mitra dan jaringan baru yang memiliki visi dan misi yang sejalan.

Collaborate

Mendukung kerja sama antar mitra dan dengan berbagai pihak, baik individu maupun organisasi, sebagai strategi untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kualitas usaha komunitas.

Change the World

Mendukung penggunaan sumberdaya lokal dan penerapan usaha yang selaras dengan prinsip pengelolaan lingkungan dan keadilan sosial.