Tanam Untuk Kehidupan (TUK)

Di Salatiga, Jawa Tengah, Komunitas Tanam Untuk Kehidupan (TUK) mempunyai perhatian lebih akan isu lingkungan. Melalui berbagai kegiatan seni dan budaya, TUK mengembangkan berbagai program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan lingkungan di sekitarnya. Pengelolaan sampah anorganik, ketimbang melihatnya dibuang di mata air Senjoyo dan mengganggu kualitas pasokan air warga, menjadi sajian utama kelompok ini.

Sapu Upcycle adalah divisi kreatif pengolahan limbah di TUK yang berfokus pada kegiatan upcycle – perubahan proses fungsi limbah yang tidak punya daya jual menjadi produk yang bernilai lebih bagi ekonomi dan lingkungan.

TUK memproduksi barang-barang unik berbahan dasar sampah, terutama dari ban mobil, untuk dijadikan tas, dompet, dan asesoris seperti gelang, dan anting. Pengembangan juga dilakukan untuk produk dari plastik kemasan, komponen elektronik, dan mainan bekas.  Sebagian besar pengguna produk-produk komunitas ini justru berasal dari luar negeri seperti Belanda, Belgia, Italia, Perancis, Inggris, Amerika, dan Australia.

 

 

 

 

Services:
Topics: Youth organizer; Upcycle products
Commodity:Produk dari ban bekas;
Consultants:Sindhu