SBIB

Agar persawahan tak habis dimakan jaman, Sekretariat Bersama Indonesia Berseru (SBIB) menciptakan lahan sawah multifungsi. Lahan ini tak hanya menyediakan pangan nasional, tapi juga ikut menjaga kestabilan fungsi hidrologis daerah aliran sungai, menurunkan erosi, menyerap tenaga kerja, memberikan keunikan dan daya tarik, serta  mempertahankan nilai-nilai sosial budaya pedesaan.

SBIB merupakan perkumpulan yang berkantor pusat di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang  mengkampanyekan perubahan sosial lewat penyadaran kegiatan bertani di kalangan pemuda.  Program ini meliputi praktek pertanian berkelanjutan, perbaikan ekosistem lahan sawah skala kecil, pembuatan kelompok petani muda, dan penguatan akses pasar. SBIB membuat lima kelompok petani muda, dengan anggota masing-masing sepuluh orang. Mereka diajak bertani yang berkelanjutan, dengan menanam padi dan palawija.

Dalam rangka mempromosikan produk hasil panen kelompok petani muda yang menganut sistem pertanian berkelanjutan, SBIB mengajarkan mereka cara pengemasan dengan memberikan label produk. Mereka juga diajarkan cara berpromosi dengan menyebar informasi kepada publik melalui selebaran atau pameran produk hasil panen.

 

 

 

 

Services:
Topics: Hak petani; Promosi; Pengembangan produk
Commodity:
Consultants: Ida Pardosi