PIKUL

Sejak 1998, PIKUL melayani dan memfasilitasi para individu dan organisasi berpotensi, utamanya di seputaran Indonesia Timur, untuk mengelola sumber daya di sekitarnya sehingga mandiri memenuhi hak-hak dasar mereka.

Hingga kini, PIKUL telah bekerja sama dengan ratusan dampingan PIKUL, yang biasa disebut dengan “champions”. Mereka bergerak dalam berbagai bidang seperti peningkatan keanekagaraman pangan lokal, mengatasi perubahan iklim, hak petani sampai buruh migran, pengembangan model perluasan dan pembiayaan penggunaan energi terbarukan di Kupang, dan masih banyak lagi.

Antara lain, PIKUL menciptakan setidaknya 50 pemimpin dan innovator sosial untuk aktif melindungi lingkungan. Setelah mengikuti rangkaian pelatihan, para pemimpin ini kemudian mendampingi penduduk yang tersebar di bagian barat pulau Timor, yakni di Desa Uitiuhtuan, Uiboa, Bokonusan, dan Otan atau Batuinan.

PIKUL juga mendorong hadirnya lima kelompok penggerak perlindungan lingkungan hidup yang kemudian ditopang sekitar 100 orang pemangku kepentingan dan tokoh adat yang semakin memahami dampak dari perlindungan lingkungan hidup. Capaian lain PIKUL termasuk membantu membangun kesepakatan di level suku dan peraturan tertulis di level gereja, sampai pemerintah desa untuk upaya perlindungan lingkungan.

 

 

 

Services:
Topics: Active citizenship (gerakan warga memantau hak-hak); Penelitian sosial; Monitoring dan evaluasi
Commodity:
Consultants: