KSM Muara Tanjung

Kelompok Perempuan Muara Tanjung berniat untuk melakukan penyelamatan hutan pesisir dan meningkatkan pendapatan ibu-ibu nelayan. Sejak 2005, mereka memulai kegiatan simpan pinjam, penanaman dan pelestarian mangrove, dan bercita-cita mewujudkan kemandirian bagi perempuan pesisir dalam bidang ekonomi dan sosial budaya.

Produk yang dihasilkan kelompok Muara Tanjung bersifat ramah lingkungan sebab berasal dari tumbuhan hutan pesisir yang diambil dengan tidak merusak fungsi ekologisnya. Bahkan, kelompok ni juga merawat dan menjaga ekosistem hutan pesisir tersebut. Konsumen yang membeli produk yang dihasilkan juga turut mendukung pelestarian mangrove yang dilakukan oleh kelompok perempuan Muara Tanjung.

Selain melestarikan lingkungan, para perempuan yang tergabung dalam Kelompok Perempuan Muara Tanjung berharap mampu meningkatkan taraf ekonomi keluarga anggota dan produk yang dihasilkan dapat berkembang dengan pesat. Produk yang telah dihasilkan antara lain adalah kerupuk jeruju, kerupuk ikan, stik jeruju, dan dodol mangrove.

 

 

 

Services:
Topics:
Commodity:
Consultants: