Indonesia Dragonfly Society

Capung (ordo Odonata) adalah serangga yang memiliki peranan penting untuk mewujudkan lingkungan yang sehat. Indikator perairan yang sehat antara lain adalah jika masih ada sekumpulan capung di sekitarnya. Di dunia pertanian, capung berperan sebagai pemangsa dan penyeimbang alami hama tannaman. Capung juga memangsa dan mengendalikan nyamuk serta jentik-jentiknya.

Dengan berbagai peranan positif ini, capung tidak mendapatkan banyak perhatian terutama oleh generasi muda sekarang. Berkurangnya perairan dan kondisi lingkungan yang baik juga memengaruhi penurunan populasi capung.

Indonesia Dragonfly Society, atau IDS, adalah sebuah komunitas yang berusaha mengupayakan terciptanya kelangsungan keanekaragaman hayati Capung (Odonata) sebagai pusaka alam Indonesia, dan untuk wilayah Malang pada khususnya. Komunitas ini terbentuk atas dasar rasa ingin tahu, cinta, serta kepedulian anggotanya akan kelangsungan hidup capung yang kian lama semakin langka. Program yang dilakukan IDS meliputi pengembangan jaringan, mengembangkan potensi setiap anggota dan simpatisan pecinta capung, penelitian dan pengamatan berkala, pengumpulan dan pengelolaan data mengenai capung, dan mobilisasi media serta penggalangan dana pelestarian capung.

 

 

 

Services:
Topics:
Commodity:
Consultants: