FORKANI

Forum Kahedupa Toudani, atau yang lebih dikenal dengan FORKANI adalah sebuah organisasi masyarakat di Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi yang berdiri sejak 2002. Untuk mewujudkan visinya mencapai kedaulataan pengelolaan sumber daya alam pesisir berbasis kearifan lokal masyarakat di Wakatobi, FORKANI memulai perjalanan dengan mengorganisir kelompok-kelompok masyarakat di Pulau Kaledupa.

Peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan-pelatihan dilaksanakan guna membangun pemahaman yang sama tentang pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berbasis kearifan lokal masyarakat. Program kerja FORKANI tidak terbatas hanya pada peningkatan kapasitas, tetapi bagaimana masyarakat mampu mengelola sumber daya alam yang dimiliki secara berkelanjutan tanpa mengabaikan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Antara lain, FORKANI memberikan bantuan modal agar para ibu bisa memproduksi kasoami, makanan pokok dari ubi yang ampasnya juga bisa dimanfaatkan menjadi kerupuk. Alat tangkap yang hanya bisa menangkap ikan dewasa juga dibagikan kepada lebih dari 80 kepala keluarga untuk menjaga keberlangsungan ekosistem pesisir.

Pengetahuan masyarakat tentang kondisi sumber daya alam yang dimiliki menjadi titik penting agar masyarakat mampu mengambil keputusan-keputusan pengelolaan. Untuk itulah, program kegiatan FORKANI selalu melibatkan masyarakat. Telah banyak program kegiatan yang telah dilaksanakan, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan organisasi lain. Beberapa diantaranya adalah pemetaan sumber daya alam, monitoring ikan, serta rehabilitasi mangrove dan padang lamun secara partisipatif. Selain itu, FORKANI juga menyelenggarakan program pendidikan lingkungan dan budaya untuk generasi muda, serta bekerjasama dengan masyarakat adat untuk merevitalisasi aturan-aturan adat tentang pengelolaan sumber daya alam.

 

 

 

Services:
Topics:
Commodity:
Consultants: