DeTara Foundation

Prihatin ketika menemukan anak-anak di Bogor, Jawa Barat, yang tak paham tentang tanaman yang hampir langka, membuat DeTara Foundation fokus pada pendidikan dan penyadaran mengenai lingkungan kepada generasi muda, serta pelestarian keanekaragaman hayati sejak 2010.  DeTara Foundation aktif mengajak masyarakat, terutama pemuda gencar melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan. Hal ini dilakukan dengan mendorong kemandirian komunitas melalui berbagai aktivitas seperti pemberdayaan masyarakat dan socio-ecopreneurship.

Sejak 2013, DeTara Foundation juga intens mendampingi Kelompok Perempuan Tancangjaya, di Desa Kartikajaya, Kendal, Jawa Tengah. Kelompok perempuan ini dilatih mengembangkan dan melakukan uji produk, belajar berwirausaha, juga mengakses permodalan. Pelatihan pengembangan dan inovasi produk dari tepung mangrove, seperti brownies dan kerupuk mangrove, menjadi ragam produk kuliner yang dikembangkan DeTara. DeTara Foundation tengah membantu mencarikan pasar dengan memasukan aneka produk ini ke pusat oleh-oleh di Kendal dan toko organik di Jakarta.

Pengembangan produk mangrove juga mendorong masyarakat untuk menjaga hutan mangrove mereka. Saat ini, ekosistem mangrove di sekitar Desa Kartikajaya berdiri kokoh dan kembali menjadi habitat biota mangrove seperti ikan, kerang, dan kepiting. Kelompok perempuan Tancangjaya juga menggulirkan semangat ke kelompok nelayan muda, yang dinamai Kelompok Regnel (Regenerasi Nelayan). Selain mencari ikan, para nelayan muda ini juga aktif berbudi daya perikanan tambak, melakukan pembibitan dan penanaman mangrove, serta menggarap lahan dengan system agroforestry.

 

 

 

 

 

 

Services:
Topics:
Commodity:
Consultants: